Bleach ブリーチ

Bleach ブリーチ

Bleach ブリーチ – Bleach adalah salah satu anime terpopuler di dunia bahkan kepopulerannya ini pun menyebar hingga ke seluruh Indonesia. Anime ini merupakan karangan Tite Kubo yang mana menjadi penulis sekaligus ilustrator. Bleach menceritakan tentang petualangan Ichigo Kurosaki yang mendapatkan kekuatan shinigami dari seorang perempuan bernama Kuchiki Rukia. Pada saat itu, Rukia mencoba melawan Hollow, namun karena sedang terluka ia tak punya pilihan lain untuk memberikan kekuatannya itu pada Ichigo. Manga Bleach sudah diterbitkan sejak bulan Agustus 2001 dan telah memiliki 54 volume. Sejak pertama kali penerbitannya, Bleach diangkat ke dalam sebuah media franchise yang kemudian diikuti dengan pembuatan anime-nya pada tahun 2004 hingga 2012. Viz media telah merilis serial movie Bleach pertama berjudul Bleach: Memories of Nobody (2006), kemudian yang ke-dua Bleach: The DiamondDust Rebellion (2007), disusul yang ketiga Bleach: Fade to Black (2008), dan yang terakhir adalah Bleach: Hell Chapter (2010). Seluruh manga bleach telah terjual sekitar 72 juta hanya di Jepang. Sedangkan di Amerika menjadi salah satu manga yang terjual paling banyak.

Plot

Ichigo Kurosaki merupakan seorang siswa SMA yang tinggal di Kota Karakura. Dia sebenarnya hanya memiliki kemampuan untuk melihat roh, namun semua itu berubah setelah seorang perempuan berpakaian kimono bernama Kuchiki Rukia memberinya kekuatan Shinigami. Dengan kekuatannya itu, Ichigo bisa membasmi seekor roh jahat bernama hollow. Namun, karena seluruh kekuatan Rukia diberikan kepada Ichigo semua, maka Ichigo harus menggantikan pekerjaan Rukia menjaga kota Karakura, melawan hollow, dan membawa roh yang gentayangan di dunia manusia menuju Soul Society.

Seiring berjalannya waktu, Rukia belum juga kembali ke Soul Society. Keberadaannya ini ternyata diketahui oleh Soul Reaper atasan Rukia. Maka dari itu mereka mengutus dua orang yaitu Renji Abarai dan Byakuya Kuchiki untuk mengejar Rukia dan menangkapnya karena ia telah melakukan tindakan terlarang, yaitu mentransfer kekuatan shinigaminya kepada manusia biasa. Ichigo berusaha untuk menyelamatkan Rukia dari pengejaran itu, namun ia akhirnya dihabisi oleh Byakuya. Ichigo masih belum menyerah, bahkan memutuskan untuk menyelamatkan Rukia dengan bantuan beberapa teman-teman sekelasnya yaitu Orihime Inoue, Yasutora Sado, dan Uryū Ishida, dan dua orang mantan Soul
Reapers Shihōin Yoruichi dan Kisuke Urahara. Setelah tiba di Soul Society, Ichigo bersama teman-temannya bertarung melawan pasukan militer elit Soul Reaper dan berusaha untuk menggapai tempat Rukia sebelum eksekusinya.

Namun, di tengah-tengah pelaksanaan eksekusi Rukia dan upaya penyelamatan Ichigo terhadapnya, ternyata ada seorang pengganggu sekaligus pengkhianat yang memiliki tujuan lain, ia adalah Sosuke Aizen kapten divisi 5. Tujuannya adalah untuk mendapatkan Hougyoku (bola arwah) yang ditanam di tubuh Rukia dan mendapatkan kekuatan hebat untuk menghancurkan Soul Society dan menguasai dunia. Akhirnya, Aizen menjadi seorang antagonis utama dalam seri ini, dan Soul Reapers membentuk aliansi dengan Ichigo.

Sejarah cerita Bleach yang paling besar adalah pertarungan antara Aizen dengan Espadas. Setelah masing-masing yang terlibat pertarungan akhirnya kalah, Ichigo melakukan latihan keras bersama ayahnya (Isshin Kurosaki) yang merupakan seorang mantan Soul Reaper. Ayahnya melatih Ichigo dengan tujuan bisa mengalahkan Aizen sendirian. Saat bertarung, Ichigo berhasil membuat Aizen lemah, kemudian sebuah sihir yang sebelumnya Uruhara sembunyikan di dalam tubuh Aizen aktif dan menyegel dirinya sendiri. Itulah akhir dari konflik di Soul Society yang juga ditandai dengan ditahannya Aizen di dalam penjara. Akibat penggunaan seluruh kekuatan Soul Reaper untuk mengalahkan Aizen, Ichigo kehilangan seluruh kemampuannya dan kembali menjadi manusia biasa sekali lagi.

17 bulan kemudian, Ichigo bertemu dengan Xcution. Xcution adalah sekelompok manusia yang memiliki kekuatan Fullbring berdasarkan hollow dan ingin agar Ichigo menyerap mereka. Ichigo mulai berlatih lagi untuk mendapatkan kembali kekuatan Soul Reaper-nya mula-mula dengan membangun Fullbring-nya sendiri diikuti dengan kemunculan Shūkurō Tsukishima, mantan pemimpin Xcution yang sedang mengincar teman Ichigo. Setelah berhasil mengembangkan Fullbring-nya, Ichigo dikhianati oleh pemimpin Xcution yang sekarang yaitu Kugo Ginjo. Dengan bantuan dari Soul Society, Ichigo mendapatkan kembali kekuatan Soul Reaper-nya dan mulai bertarung dengan grup Ginjo. Dalam pertarungan dengan grup Ginjo ini, Ichigo dibantu oleh seluruh pasukan Soul Society. Kemenangan akhirnya berada di pihak Soul Society dimana Ichigo berhasil membunuh Ginjo.

Judul : Bleach
Jepang : ブリーチ
Genre : Action , Fantasy, Supernatural
Mangaka : Tite Kubo
Penerbit : Shueshia
Volume : 74 Volumes
Rilis : Agustus 2001 – Agustus 2016