Cowboy Bebop

Cowboy Bebop

Daftaranimeterbaik.web.id – Apakah manga atau anime Jepang meledak, populer dan berpengaruh di luar Jepang? Itu tidak mengejutkan. Karena ini sudah sering terjadi. Cukup sering, pertanyaan yang muncul untuk manga atau anime Jepang populer tidak lagi “mengapa judulnya populer?” Tetapi itu telah menjadi “berapa lama itu bisa bertahan dalam popularitas?”.

Jangan pertanyakan judul-judul ‘pasaran’ seperti produk majalah manga top “Weekly Shonen Jump” atau majalah manga lainnya. Dragon Ball dan One Piece memang masih bertengger di puncak sebagai yang paling populer dengan barisan fans loyal di berbagai belahan dunia. Tapi anime keren bukan hanya soal bola naga atau buah setan. Ada juga soal opera luar angkasa. Seperti “Cowboy Bebop”.

Membaca judulnya, jangan membayangkan sebuah anime dengan situasi “Wild West”, koboi berkuda, atau Saloon tempat orang-orang mabuk berantem. Karena setting-nya saja ada di tahun 2071, di mana perjalanan antar planet atau luar angkasa menjadi sesuatu yang biasa. Tapi anime yang diciptakan tim produksi Studio Sunrise (sutradara Shinichiro Watanabe, naskah oleh Keiko Nobumoto, musik digarap Yoko Kanno, desainer mecha/spaceship dilakukan oleh Kimitoshi Yamane & karakter sentral diciptakan oleh Toshihiro Kawamoto) tahun 1998 ini membawa elemen-elemen tadi dan dikemas dengan tampilan futuristik.

Kuda digantikan pesawat-pesawat penjelajah luar angkasa. Bar dan Saloon tempat ngumpul berbagai jenis makhluk segala ras kini berada jauh dari atas tanah. Dan profesi para tokoh utama di anime ini adalah “bounty hunter” alias ‘pemburu buronan berhadiah’. Profesi yang populer sejak era Wild West yang asli.

Cowboy Bebop meraih sukses besar, baik secara kritik maupun pemasaran, baik di Jepang atau di negara lain, termasuk di Amerika Serikat. Anime ini menerima berbagai penghargaan, selain pujian tinggi di negara itu untuk gaya gambar/penceritaan, desain karakter, cerita yang disampaikan, pengisi suara (baik dalam bahasa asli maupun dubbing bahasa Inggris), model animasi dan di bagian yang menurut saya paling ‘catchy’ dari Cowboy Bebop, yaitu musik serta soundtrack.

Musik OST di Cowboy Bebop juga sangat berbeda jika dibandingkan anime-anime lain. Percampuran antara jazz dan blues di Cowboy Bebop keren banget! Gilanya lagi, menurut komposernya, Yoko Kanno, musik di Cowboy Bebop digarap lebih dulu dan jadi aspek utama penting, bahkan sebelum finalisasi para tokoh dalam anime, cerita, maupun model animasi selesai dikerjakan.

Sempat ditayangkan di televisi nasional (TV Tokyo) sebanyak 12 episode, Cowboy Bebop kemudian dipindahkan ke televisi berbayar WOWOW hingga berakhir di episode 26. Alasannya karena konten dewasa yang ada di Cowboy Bebop dianggap tak cocok untuk kalangan anak-anak.

Baca juga : Inuyasha

Jangan salah sangka, konten ‘dewasa’ yang dimaksud adalah muatan cerita yang dramatis, berat dan kompleks, yang meliputi tema filosofi, eksistensi, dan hal-hal yang mustahil dapat dicerna mereka yang belum atau tidak dewasa.

Walau ada pendapat kalau desain Faye mungkin sedikit terlalu seksi buat anak kecil, namun menurut saya sih tidak juga. Tapi secara umum memang Cowboy Bebop tidak cocok buat anak-anak.

Karakter-karakter utama di anime ini adalah Spike Spiegel, pria cool, kalem di pesawat luar angkasa bounty hunter “Bebop” bersama rekannya yang mantan polisi, Jet Black.

Ada juga Faye Valentine, wanita misterius berbahaya alias femme fatale dan Edward Wong yang seorang bocah hacker berjiwa santai. Mereka semua berada dalam pesawat “bounty hunter” itu dengan motif masing-masing. Oh iya, jangan lupakan Ein! Anjing ras Corgi yang terlihat lucu-cenderung-blo’on tapi sebenarnya sangat pintar. Dia juga merupakan crew dari Bebop.

Fans Cowboy Bebop di Amerika mengenal anime ini sejak ditayangkan di channel Adult Swim. Cowboy Bebop dengan mudah menciptakan barisan fans loyal dengan animasinya yang halus. Alunan musik jazz serta blues di Cowboy Bebop menciptakan citra khusus dan membangun reputasi berbeda dibandingkan anime-anime Jepang lain pada masa itu, yang kebanyakan bernuansa pop atau rock.

Cowboy Bebop tidak memiliki OVA seperti kebanyakan anime sukses lain, tapi mereka punya versi animated movie berjudul “Cowboy Bebop: Knockin’ on Heaven’s Door” (2001). Film ini juga sukses seperti TV series.