Pelajaran Penting Dari Anime Attack On Titan

Pelajaran Penting Dari Anime Attack On Titan

Daftaranimeterbaik.web.id – Tentunya bagi kalian para pecinta anime tahu bahwa Attack On Titan merupakan salah satu dari anime Jepang yang terpopuler di dunia. Apa sebenarnya yang membuat manga karya Hajime Isayama ini begitu disukai? Bukan sekadar menampilkan pertarungan fiksi antara umat manusia dengan raksasa. Satu daya tarik utama dari Attack On Titan adalah banyaknya pelajaran hidup yang ditampilkan lewat kisah hidup para karakter di dalam ceritanya. Termasuk beberapa pelajaran penting dari  karakter terbaik berikut ini:

1. Eren Yeager
“Aku ingin bergabung di pasukan penyelidik dan membunuh titan sebanyak yang aku bisa.”

Sebuah ungkapan penuh keberanian ini pernah diucapkan Eren kepada Komandan Erwin Smith dan Kapten Levi. Ungkapan ini tentu saja mengejutkan Erwin dan Levi, mengingat Eren adalah korban yang selamat dari serangan titan di distrik Shigansina, lima tahun sebelumnya.

Eren pernah melihat langsung bagaimana kekejaman Titan, dan bagaimana sulitnya manusia melawan titan. Namun tak seperti anak muda lain yang takut terhadap titan dan memilih ‘mencari aman’ dengan berebut masuk polisi militer. Ia masih punya tekad dan keberanian untuk bergabung di tim penyelidik agar bisa bertarung melawan titan, demi menyelamatkan umat manusia dari kepunahan.

Karakter Eren ini mengajarkan kita agar mampu melawan ketakutan dan berjalan melawan arus demi kebaikan bersama.

2. Mikasa Ackerman
“Aku akan selalu bersama Eren. Aku akan melindungimu. Kalau tidak bersamaku, kamu pasti cepat mati. Karena aku tidak ingin kehilangan keluarga lagi.”

Sejak kehilangan orangtua dan nyawanya diselamatkan Eren dari penculik, Mikasa menganggap Eren sebagai orang yang harus ia lindungi dengan sepenuh hati. Ia yang disebut sebagai ‘monster’ karena merupakan prajurit terkuat di angkatan 104, sebenarnya sudah banyak direkomendasikan masuk ke polisi militer untuk melayani keluarga Raja. Namun alih-alih mengambil jalur aman tersebut, ia memilih menantang maut dengan bergabung di pasukan penyelidik, agar bisa selalu melindungi Eren.

Karakter Mikasa mengajarkan bahwa demi melindungi seseorang yang berharga, apapun bisa dilakukan, sekalipun harus menantang bahaya.

3. Armin Arlert
“Aku akan masuk tim penyelidik. Aku tahu aku lebih lemah dibandingkan yang lain, tapi walau harus mati pun, aku tidak akan menyusahkan kalian lagi.”

Sejak kecil, Armin menjadi korban bullying karena dianggap sebagai anak yang lemah. Semakin dewasa, ia semakin bisa menekan rasa takut dan menonjolkan kecerdasannya, yang kemudian diakui oleh banyak orang. Berkat kecerdasannya pula, perannya di pasukan penyelidik sangat membantu.

Karakter Armin mengajarkan agar kita tidak takut melawan orang lain yang menindas kita, dan menunjukkan pada semua orang bahwa kita punya kelebihan yang patut dihargai.

4. Levi
“Apapun keputusan yang kamu ambil. Lakukan dan jangan sesali. Kita tidak pernah tahu apa yang akan jadi hasilnya.”

Levi yang dulu hanya preman bawah tanah berhasil bergabung di pasukan penyelidik berkat kepiawaiannya dalam bertarung yang diakui oleh Erwin. Selama menjadi Kapten, ia sudah dua kali kehilangan semua anggota timnya yang jadi mangsa titan.

Pada awalnya, Levi sempat menyalahkan diri sendiri dan menganggap kematian anggota timnya adalah karena kesalahannya dalam mengambil keputusan. Namun ia akhirnya sadar. Bahwa seandainya ia mengambil keputusan yang berbeda dari sebelumnya, belum tentu membawa hasil yang berbeda. Jadi, jangan pernah menyesali keputusanmu!

Baca Juga : Rekomendasi Anime Action Terbaik Sepanjang Masa

5. Jean Kirtstein
“Aku sudah memutuskan masuk tim penyelidik. Kematian Marco tidak akan kubiarkan sia-sia!”

Selama menjadi kadet angkatan 104, Jean selalu menyombongkan kemampuan bertarungnya dan bertekad masuk polisi militer, serta menganggap hanya orang bodoh yang mau masuk pasukan penyelidik yang selalu bertarung melawan titan.

Namun sejak sahabat baiknya, Marco, tewas dalam misi melawan titan, Jean akhirnya sadar bahwa jika tidak ada yang meneruskan perjuangan manusia melawan titan, maka kematian Marco dan ratusan prajurit lainnya hanya akan sia-sia. Sejak itulah ia bertekad masuk pasukan penyelidik dan membalas dendam kepada titan.

6. Erwin Smith
“Setiap pertarungan membawa umat manusia menjadi lebih dekat dengan kemenangan.”

Sebagai Komandan pasukan penyelidik, Erwin selalu mengajarkan pasukannya agar tidak ragu mengorbankan nyawa demi keberhasilan misi. Karena Erwin percaya, setiap nyawa yang gugur masih memiliki nyawa yang hidup untuk meneruskan perjuangannya menggapai kemenangan umat manusia atas titan.