Uzumaki Naruto

Uzumaki Naruto

Daftaranimeterbaik.web.id – Kisah Naruto Uzumaki, seorang ninja muda dari Desa Konoha yang ceria, ambisius dan hiperaktif. Ia dilahirkan pada 10 Oktober tanpa tahun. 13 tahun dalam seri Naruto dan 16 tahun dalam Naruto Shippuden. Berasal dari klan Uzumaki di desa Konoha. Kekuatannya termasuk dalam elemen udara dan api ketika memiliki sembilan ekor.

Cita-citanya adalah menjadi ninja terkuat dan duduk sebagai Hokage, dengan julukan yang masih simpangsiur, yakni Rokudaime Hokage. Termasuk jinchuuriki, karena ayahnya Yondaime Hokage, atau Minato Kamikaze, sebagai Hokage ke-4 menyegel rubah ekor sembilan dalam tubuh Naruto kecil. Monster itu pernah menyerang Konoha dan hampir meluluh lantahkannya.

Ibu Naruto, Kushina Uzumaki dari klan Uzumaki, seorang ninja Desa Uzu. Memiliki kekuatan dari elemen udara. Bersikap tomboy dan sangat cantik. Kemungkinan Kushina meninggal tak lama setelah melahirkan Naruto. Banyak kepribadian Kushina yang menurun ke karakter Naruto, termasuk gaya ninjitsunya. Sementara wajah fisik Naruto sangat mirip dengan ayahnya, Minato. Selain dari Minato, hokage pertama, Hashirama Senju memiliki istri dari klan Uzumaki juga.

Kesamaan lain antara Naruto dengan ibunya adalah, menyukai ramen, suka celoteh dalam pergaulan, dan berprinsip “jangan menyerah sampai akhir”. Salah satu prinsip Naruto yang menjadi ilham bagi Gaara adalah: Orang akan lebih kuat dengan menggunakan kekuatannya demi orang-orang yang dicintai.

Sebenarnya Naruto tidak mengetahui Kyubi dalam tubuhnya. Tetapi penduduk desa sangat menjauhinya. Ninja Chunin Umino Iruka yang menjadi teman pertama bagi Naruto, walaupun sebenarnya orang tua Umino mati oleh Kyubi.

Hidup Naruto diasingkan oleh masyarakat desa, dianggap sebagai monster. Menjadi incaran kelompok Akatsuki untuk mendapatkan Kyubi no Yoko, rubah ekor Sembilan. Ada kesamaan nasib dengan para jinchuuriki lainnya yang berjumlah 9 orang. Misalkan Gaara, dia dijauhi oleh penduduk Sunagakure dan menjadi Kagekaze ke-5 untuk membuktikan dirinya adalah manusia yang menyayangi penduduk desanya. Itupun yang dicita-citakan Naruto.

Kekuatan Naruto

Setelah lulus menjadi Genin, Naruto termasuk Tim Tujuh yang dipimpin Kakashi, bersama Sakura dan Sasuke. Alasan kelulusan mereka karea kekompokan dan kebersamaan dalam tim. Di kelompok inilah cinta Naruto bersemi. Tetapi kisah asmara Naruto termasuk kategori Cinta Bertepuk Sebelah Tangan. Karena pujaannya, Sakura Haruno, lebih mencintai Sasuke Uchiha.

Jurus andalan Naruto adalah Kage Bunshin No Jutsu. Jurus Seribu Bayangan Naruto dipelajari ketika dia dengan lugu mengambil gulungan rahasia Hokage ke-3, yang dijuluki Sarutobi Hokage, atas perintah seorang pengkhianat. Menyadari hal itu, dia menolak memberikan gulungan kertas jurus itu.

Baca juga : Cowboy Bebop

Dengan cakra Kyubi, Naruto mampu mengkloning 2.000 bayangan dengan jumlah cakra yang sama di setiap klonnya. Padahal, ninja lain hanya mampu beberapa klon saja. Naruto dilatih selama 3 tahun bersama Jiraiya, seorang pertapa genit dan aneh.

Kekuatan Naruto disokong oleh cakra Kyubi yang kuat dan berbahaya. Penggunaan cakra ini akan memperpendek umur Naruto, tetapi mampu merusak-memulihkan dengan cepat. Ketika tahap ekor ke-4 muncul, maka kyubi mendominasi dan menjadi mini-Kyubi yang sulit dikendalikan.

Jurus terbaru Naruto, Senni Mode (Sage Mode) diajarkan Fukasaku di Gunung Myoboku. Jurus ini menggunakan ketidakterbatasan energi alam dengan menyeimbangkan cakra dalam tubuh, tanpa bergerak. Naruto memodifikasi jurus ini dengan menggunakan ketiga bayangannya untuk menyalurkan energi alam ke tubuh agar bisa digunakan ketika sedang bergerak.

Klan Uzumaki

Sejarah Naruto harus dikaitkan dengan mengungkap tentang Klan Uzumaki yang terkenal disegani. Klan ini sangat misterius dengan sedikit info tentangnya. Dunia Naruto terdiri atas beberapa klan dengan ciri khas dan kemampuan gaya bertarung yang khusus. Klan disandarkan pada garis keturunan keluarga besar. Di Konoha, selain Klan Uzumaki, terdapat : Klan Uchiha, Klan Nara, Klan Aburame, Klan Hyuga, Klan Yamanaka, Klan Akamichi, Klan Inuzuka.

Ninja Klan Uzumaki memiliki kehebatan dalam memakai segel ninja hingga menjadi incaran para ninja lain. Desa Uzu lalu diserang dan dihancurkan. Semua penduduk terpencar menyelamatkan hidup masing-masing. Ciri khas klan Uzumaki adalah memiliki rambut berwarna merah, kecuali Naruto yang secara fisik mirip pada ayahnya.

Keturunan keluarga Uzumaki awalnya hanya tinggal Naruto. Belakangan diketahui, ternyata Nagato dari Akatsuki berasal dari keturunan Uzumaki. Keduanya memiliki hubungan darah dan sama-sama merupakan murid dari Jiraiya.

Sejarah Naruto bisa terus diungkap dengan tetap mengikuti perkembangan manga dan anime Naruto dari karya Misashi Kishimoto. Jadi selalu menonton dan membacanya pasti akan muncul hal-hal yang tidak terduga sama sekali.

Pelajaran Perjalanan Naruto

Naruto merupakan film series kartun atau lebih dikenal dengan istilah anime. Selain film series naruto juga ada dalam bentuk komik yang juga masih terus berjalan pembuatannya. Hingga saat ini serial naruto terus berjalan. Jika anda rajin ke dunia maya maka dalam satu minggu sekali anda bisa menemukan serial naruto yang terbaru.

Serial kartun naruto atau pun komiknya sebenarnya bukanlah untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Hal tersebut dikarenakan oleh banyaknya pertimbangan yang bisa diberikan. Diantara pertimbangan tersebut adalah banyaknya adegan kekerasan yang berdarah-darah dalam serial kartun tersebut.

Seolah-olah membunuh dan jalan kekerasan lainnya adalah jalan utama yang harus dipilih. Namun serial kartun tersebut memang serial kartun yang berlatar belakang tentang kehidupan seorang ninja. Jadi sangat wajar sekali akan banyak adegan yang penuh dengan kekerasan dan pembunuhan.

Berdasarkan hal tersebut, jika dilihat oleh anak kecil hendaknya ada bimbingan dari orang tua yang menjelaskan tentang perilaku yang sedang berlangsung dalam serial naruto tersebut. Anak kecil yang dimaksud adalah anak yang masih belum bisa membedakan antara khayalan dan kenyataan.

Ada beberapa ketakutan yang bisa saja terjadi jika anak kecil menonton film yang berbau kekerasan. Adaptasi dalam mencontoh sangat cepat dilakukan oleh anak-anak. Kekhawatiran semacam itu oleh orang tua adalah wajar dan sah-sah saja.

Bisa diambil sebuah contoh ketika adegan naruto atau ninja lainnya dalam serial naruto tersebut melompat dari pohon yang satu ke pohon yang lain. Atau melompat dari gedung yang tinggi. Bagaimana jika hal tersebut dilihat oleh anak dan diadaptasi dengan baik dalam pikirannya.

Setelah itu anak akan mencoba menirukan gaya ninja naruto yang melompat-lompat. Jika hanya melompat biasa yang tidak begitu membahayakan maka akan aman-aman saja. Namun bagaimana jika anak mencoba melompat dari kursi atau meja. Tentunya akan sangat berbahaya bukan? Jadi untuk yang masih anak-anak hendaknya ada bimbingan dari orang tua terkait serial film tersebut.

Terlepas dari itu semua, ada beberapa pelajaran yang menarik yang bisa diambil dalam serial kartun naruto. Pelajaran tersebut adalah tentang kegigihan naruto yang terus berjuang untuk mencapai apa yang dicita-citakannya.

Sifat pantang menyerah hingga titik darah penghabisan tersebut adalah pelajaran yang harusnya bisa dicontoh oleh semua orang. Sesulit apapun rintangan dan hambatan yang menghadang, naruto selalu berusaha untuk menyelesaikannya.

Sungguh semangat yang luar biasa. Sering kali dalam setiap adegan serial naruto tersebut, naruto selalu mengalami rintangan yang tidak bisa dianggap remeh. Namun semuanya dihadapinya dan bukannya lari terus menyerah akan rintangan yang dihadapinya. Pembangunan karakter yang seperti inilah yang wajib untuk dicontoh dan dijadikan pelajarah untuk menata hidup yang lebih baik.

Selain sifat tersebut, ada beberapa pelajaran lain yang bisa diambil dari serial naruto. Pelajaran tersebut adalah rasa setia kawan yang tinggi dan suka menolong naruto yang tidak bisa dihindarkan. Dimana pun naruto berada dia selalu mengutamakan kawan atau temannya.

Seburuk apapun teman yang dimiliki oleh naruto, naruto selalu berusaha untuk membela dan menyadarkannya ketika temannya tersebut berjalan di jalan yang salah. Dan karena rasa suka menolongnya tersebut juga menjadikan naruto memiliki banyak kawan atau teman di setiap tempat yang ia singgahi.

Hendaknya kita juga mampu mencontoh perilaku dalam serial naruto tersebut. Tidak hanya terpukau akan jurus-jurus saja yang sebenarnya bersifat khayal atau fantasi.