Anime dengan Kisah Tersedih

Anime dengan Kisah Tersedih

Anime dengan Kisah Tersedih – Anime banyak kali menyajikan cerita-cerita yang dapat membuat penontonnya terbawa kedalam suasananya. Anime sedih atau sad anime selalu punya cerita yang bisa bikin penontonnya baper, bahkan sampai ikut meneteskan air mata saat menonton animenya.

Memang, sebagai manusia, terkadang kita butuh pengalihan dalam menjalani rutinitas. Salah satunya adalah dengan menonton sesuatu, misalnya anime.Rekomendasi Anime Tersedih
Pada tulisan kali ini, Jaka akan merekomendasikan serial anime dan anime movie yang bisa bikin kamu berlinang air mata selama menontonnya.Selain punya jalan cerita yang bikin baper, anime terbaik berikut ini juga puny visual yang memanjakan mata, loh! Apa saja ya kira-kira? Yuk, langsung cek ulasan berikut ini!

1. Clannad: After Story

Rekomendasi anime the best yang menyedihkan pertama adalah Clannad: After Story. Sekuel dari Clannad ini menceritakan seorang remaja bernama Tomoya.

Ia adalah seorang berandalan yang hidup berdua bersama ayahnya. Suatu ketika, ia bertemu dengan Nagisa dan kemudian menjadi sepasang kekasih.

Di sekuel sad anime ini, Tomoya berhasil lulus dari SMA. Sayang, Nagisa terpaksa tinggal kelas lagi karena sakit yang dideritanya.

Tomoya pun akhirnya bekerja untuk menyambung hidupnya sembari menunggu Nagisa lulus, lantas menikahinya. Akan tetapi, di sinilah drama kehidupan yang sebenarnya baru terjadi.

Clannad merupakan salah satu anime romance yang bikin nangis dan kental akan makna cinta dan keluarga. Wajib nonton, geng!

2. Shigatsu Wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Your Lie in April adalah salah satu anime sedih terbaik yang dianggap bisa menggambarkan betapa pentingnya cinta dan persahabatan melalui musik.

Bercerita tentang seorang remaja bernama Arima Kousei yang trauma memainkan alat musik, terutama piano, karena kematian ibunya.

Lantas, ia bertemu dengan gadis pemain biola bernama Miyazono Kaori yang berusaha mengajak Kousei bermain musik kembali secara perlahan-lahan.

Betapa erat dan indahnya hubungan antara kedua karakter dalam anime sad ending ini justru membawa kita ke dalam jurang kesedihan yang sangat dalam.

3. Boku dake ga Inai Machi (Erased)

Anime romantis dan sedih selanjutnya adalah Boku dake ga Inai Machi atau biasa dikenal dengan judul bahasa Inggrisnya, Erased, geng.

Seorang mangaka berusia 29 tahun, Satoru Fujinuma menemukan fakta bahwa dirinya mampu bergerak mundur dalam waktu walaupun ia belum bisa mengusai kekuatan tersebut.

Ia memanfaatkan kemampuannya tersebut untuk melakukan hal-hal baik. Sayang, suatu ketika ia mendapati dirinya sedang dijebak dalam sebuah kasus pembunuhan.

Ketika dalam masa pengejaran, ia kembali ke tahun 1988 ketika masih kecil, berharap bisa mengungkap siapa pembunuh yang sebenarnya.

Sebelum nonton, kamu harus menyiapkan diri karena anime baper menyedihkan ini bisa membuatmu merasakan emosi yang pahit seperti yang dirasakan karakter utamanya.

4. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Anohana: The Flower We Saw That Day)

Terlepas dari judulnya yang panjang sehingga susah dihafalkan, anime Jepang sedih ini akan meninggalkan jejak di hatimu karena kisah sedih yang dimilikinya.

Anohana bercerita seputar persahabatan dan cinta antara enam teman masa kecil yang terpisah setelah kematian salah seseorang dari mereka yang bernama Menma.

Kelima orang yang tersisa menyalahkan dirinya masing-masing dan terbebani oleh pikiran mereka sendiri, hingga salah seorang dari mereka didatangi oleh roh Menma.

Anohana merupakan anime romance sedih dengan cerita yang menarik dengan mengangkat tragedi dari masa lalu. Nggak heran, Anohana disebut sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa!

5. Angel Beats!

Banyak anime tentang kehidupan sekolah, termasuk Angel Beats! yang satu ini. Tapi, sad anime terbaik ini cukup berbeda.

Sekolah dalam anime yang sedih ini bukanlah sekolah biasa karena mampu menjadi tempat bernaungnya jiwa orang-orang yang telah meninggal tapi tidak bisa melepaskan keterikatan pada dunia.

Dengan kata lain, para roh tersebut tidak bisa hidup tenang. Mereka harus belajar untuk melepaskan, geng.

Tidak cukup di situ, kesedihan dan rasa sakit dalam anime terbaik yang terus menerus dialami karakternya akan membuat air mata kamu terus mengalir.

6. Koe no Katachi (A Silent Voice)

Kamu merasa sering mem-bully teman kelasmu karena kekurangan yang dimilikinya? Kalau iya, kamu wajib nonton Koe no Katachi yang satu ini, geng!

Film anime sedih ini bercerita tentang seorang gadis tuli bernama Shouko Nishimiya. Ia baru pindah ke sekolah dasar dan bertemu dengan Shouya Ishida.

Parahnya, Shouya kerap mengejek Shouko secara keterlaluan, hingga akhirnya gadis tersebut memutuskan untuk pindah sekolah.

Akibat dari perbuatannya, Shouya pun jadi di-bully oleh teman-teman kelasnya. Hal tersebut membuat ia menjadi sosok pendiam yang menghindari interaksi dengan orang lain.

Yang menyakitkan dari anime sedih movie ini adalah cerita susah payahnya perjuangan Shouya agar bisa meminta maaf ke Shouko, membuat hati kita akan tersentuh.

7. Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)

Sen to Chihiro no Kamikakushi atau Spirited Away merupakan anime movie terbaik yang menceritakan gadis berusia 10 tahun, Chihiro Ogino yang baru pindah rumah bersama orangtuanya.

Saat perjalanan ke rumah baru, mereka menemukan sebuah terowongan. Setelah ditelusuri, ternyata di ujung terowongan tersebut adalah padang rumput yang sangat indah.

Mereka terus penasaran dan berjalan lebih jauh hingga menemukan suatu tempat dengan berbagai booth seperti di festival, namun tidak ada seorang pun yang menjaga.

Singkat cerita, orangtuanya berubah menjadi babi. Chihiro pun sadar bahwa ia sudah memasuki alam roh dan ia harus berbuat sesuatu untuk mengembalikan orangtuanya.

Meskipun ceritanya nggak seperti sad anime sedih, namun anime terbaik Studio Ghibli ini merupakan anime movie sad ending yang bakal membuatmu berkaca-kaca di akhir film.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Horor Yang Bikin Malam Jumat Jadi Merinding

8. Ookammu Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)

Bagaimana rasanya menjadi single parent dengan mengasuh dua anak Werewolf? Itulah yang dirasakan oleh Hana dari film Wolf Children.

Ia jatuh cinta dengan teman kelasnya yang ternyata bisa berubah menjadi serigala. Hana mengabaikan fakta tersebut dan memutuskan untuk tetap menikahinya.

Lantas, Hana melahirkan dua anak, yakni Yuki dan Ame. Sayangnya, suaminya meninggal tak lama setelah kelahiran anak bungsunya.

Dianggap membahayakan para tetangganya, Hana memutuskan untuk pindah bersama kedua anaknya yang belum bisa mengontrol perubahan mereka.

Di tempat tinggalnya yang baru itulah, kesabaran Hana dalam mengasuh kedua anak serigalanya benar-benar diuji. Seperti apakah kelanjutan film anime sedih terbaik ini?

9. Hotaru no Haka (Graves of the Fireflies)

Berlatar belakang ketika Jepang baru saja menyerah pada Perang Dunia II, Graves of the Fireflies menyuguhkan drama yang akan membuat hatimu terenyuh.

Anime sedih bikin nangis ini menceritakan dua orang saudara bernama Seita dan Setsuko yang ibunya terbunuh ketika Amerika Serikat mengebom Jepang.

Sementara itu, ayah mereka bekerja di angkatan laut, sehingga dua saudara ini tinggal di rumah bibinya yang galak, geng.

Merasa tidak betah, mereka berdua memutuskan untuk hidup sendiri dengan bernaung di bunker bekas perang. Di saat itulah, kehidupan tragis mereka dimulai.

Disajikan dalam bentuk flashback, anime movie sad ending ini bakal menunjukkan kengerian yang dihasilkan oleh perang dan betapa buruk dampaknya untuk warga sipil yang tak bersalah.

10. Byouskou 5 Centimeter (5 Centimeters Per Second)

Terbagi menjadi 3 bagian cerita, 5 Centimeters Per Second menceritakan kehidupan dua sahabat yang terpisah ketika kecil, namun tetap menjalin kontak dengan bertukar pesan.

Kedua karakter dalam anime movie sedih ini adalah Tono Takaki dan Shinohara Akari. Sayangnya, makin lama jarak antara mereka berdua semakin melebar, geng.

Meski begitu, mereka terus berusaha tetap mengingat satu sama lain sambil berharap agar bisa bertemu lagi, setidaknya satu kali.

Kesedihan dari film anime romantis ini akan sangat dihayati oleh orang-orang yang pernah kehilangan teman mereka karena jarak, meskipun sekarang sudah ada teknologi seperti aplikasi chatting.