Daftar Striker Belanda yang Jadi Top Skor Liga Eropa

Daftar Striker Belanda yang Jadi Top Skor Liga Eropa

Daftar Striker Belanda yang Jadi Top Skor Liga Eropa – Saat ini dunia sepakbola sudah semakin meningkat dan banyaknya orang yang menyukai serta mengidolakan beberapa orang di dalam satu tiim. Belanda adalah salah satu negara Eropa terkuat di dunia olahraga sepak bola. Sejak dulu, Negeri Kincir Angin sering menghasilkan pemain hebat yang menjadi bintang kelas dunia. Banyak dari mereka yang punya prestasi hebat, termasuk menjadi top skor di liga-liga top Eropa.

1. Jimmy Floyd Hasselbaink
Jimmy Floyd Hasselbaink adalah striker Belanda yang terkenal sebagai legenda Chelsea. Hasselbaink membela The Blues selama 4 musim sejak 2000 hingga 2004, namun sebelumnya ia juga pernah bermain untuk Leeds United selama 2 musim. Bersama kedua klub tersebut, Hasselbaink sukses tampil tajam dan sempat menjadi top skor masing-masing sekali.

Gelar top skor pertama Hasselbaink diraih musim 1998/99 berkat catatan 18 gol yang ia buat bagi Leeds. Setelah itu, ia jadi top skor lagi di musim 2000/01, kali ini setelah mencetak 23 gol bersama Chelsea. Sayangnya, Hasselbaink hanya sempat meraih 1 trofi selama main di Inggris, yaitu Community Shield 2000 bersama Chelsea.

2. Roy Makaay
Berikutnya ada Roy Makaay, striker asal Belanda yang terutama populer saat membela Bayern Munchen. Makaay memang mencetak banyak gol selama berseragam Munchen, tapi ia tak pernah menjadi top skor Bundesliga. Ia justru jadi pencetak gol terbanyak saat masih bermain di LaLiga Spanyol bersama Deportivo La Coruna.

Itu terjadi di musim 2002/03 saat Makaay mencetak 29 gol di LaLiga sehingga merebut trofi Pichichi di akhir musim. Bahkan, Makaay juga merebut sepatu emas Eropa musim itu karena jumlah golnya tak tertandingi pemain lain di liga-liga Eropa. Sayangnya, Deportivo justru gagal meraih trofi saat itu, tak seperti musim-musim sebelumnya.

3. Ruud van Nistelrooy
Pada musim 2002/03, Makaay bukan satu-satunya pemain Belanda yang sukses jadi top skor di liga top Eropa. Ruud van Nistelrooy juga berhasil jadi yang tertajam di Premier League Inggris bersama Manchester United. Ia mencetak 25 gol di musim tersebut, unggul tipis atas Thierry Henry yang membuat 24 gol.

Gelar top skor yang diraih Nistelrooy semakin lengkap karena MU juga berhasil jadi juara Premier League ketika itu. Nistelrooy kemudian pindah ke Real Madrid pada 2006 dan di musim pertamanya ia langsung jadi top skor LaLiga dengan catatan 25 gol. Seperti saat di MU, catatan tersebut juga dibarengi sukses membawa klubnya jadi juara liga domestik.

4. Klaas-Jan Huntelaar
Beralih ke Bundesliga Jerman, pemain Belanda yang pernah menjadi top skor adalah Klaas-Jan Huntelaar. Huntelaar meraihnya di musim 2011/12 saat membela Schalke 04. Ia mencetak 29 gol, unggul dari Mario Gomez yang bermain untuk Bayern Munchen serta Robert Lewandowski yang saat itu masih berseragam Borussia Dortmund.

Huntelaar sendiri membela Schalke selama sekitar 7 musim dan mencetak total 128 gol dalam 249 laga bagi klub tersebut. Selain Schalke, Huntelaar juga pernah membela Real Madrid dan AC Milan, tapi ia tak terlalu tajam bersama kedua klub tersebut.

5. Robin van Persie
Robin van Persie adalah pemain Belanda terakhir yang sukses jadi top skor di liga top Eropa. Ia melakukannya dua kali beruntun, yaitu di musim 2011/12 dan 2012/13. Pada musim 2012/12, ia menjadi top skor Premier League setelah mencetak 30 gol bersama Arsenal dan turut membawa The Gunners finis di posisi ketiga klasemen akhir.