K-on!

K-on!

K-on! – Manga Time Kirara Carat, keduanya terbitan Houbunsha. Manga ini diluncurkan kembali pada April 2011 dengan dua alur cerita yang berbeda di Manga Time Kirara dan Manga Time Kirara Carat. Kyoto Animation mengadaptasi manga ini menjadi anime dengan 13 episode yang ditayangkan di Jepang antara April dan Juni 2009. Sebuah episode video animasi original (OVA) dirilis pada Januari 2010.

Musim kedua dibuat sebanyak 26 episode dengan judul K-On!! (dengan dua tanda seru). Musim kedua ditayangkan di Jepang sejak April hingga September 2010, ditambah sebuah episode berbentuk OVA yang dirilis Maret 2011. Sebuah film animasi yang didasarkan pada serial ini dirilis pada 3 Desember 2011. Judul dari manga ini diambil dari kata keiongaku yang berarti musik ringan, dalam konteks bahasa Jepang sama artinya dengan musik pop. K-On meraih penjualan yang baik di Jepang, dengan pendapatan kotor lebih dari 15 milyar yen pada tahun 2011.


Sinopsis

K-On! bercerita mengenai empat siswi Sekolah Menengah Atas Sakuragaoka di Jepang. Sebagai kegiatan ekstrakurikuler, mereka bergabung dalam sebuah klub musik pop atau klub musik ringan (軽音部 Keion-bu) yang sudah hampir ditutup. Anggota klub tersebut hanya mereka berempat. Pada awalnya, Yui Hirasawa tidak memiliki pengalaman bermain alat musik atau membaca partitur. Dia hanya pernah bermain kastenyet, tetapi akhirnya dia mahir bermain gitar. Sejak itu pula, Yui bersama pemain bass Mio Akiyama, pemain drum Ritsu Tainaka, dan pemain keyboard Tsumugi Kotobuki menghabiskan waktu seusai pelajaran sekolah dengan berlatih, ikut serta dalam pertunjukan, atau sekadar jalan-jalan bersama. Klub ini diawasi oleh seorang guru musik bernama Sawako Yamanaka. Sawako nantinya menjadi wali kelas mereka pada tahun terakhir mereka di SMA. Ketika mereka duduk di kelas 2 SMA, klub ini mendapat tambahan gitaris baru, bernama Azusa Nakano. Setelah Azusa bergabung, klub ini semakin terstruktur dan lebih sering berlatih.

Baca Juga :

kaichou wa maid sama
angel beats
Oushitsu Kyoushi Heine

Pada akhir tahun ketiga, anggota senior klub ini, Yui, Ritsu, Mio, dan Tsumugi lulus SMA, dan mereka setuju untuk masuk ke universitas yang sama. Mereka kemudian bergabung dengan klub musik ringan di universitas bersama tiga teman baru. Tiga teman baru mereka bernama Akira Wada (gitar), Ayame Yoshida (drum), dan Sachi Hayashi (bass). Sementara itu, Azusa Nakano yang masih duduk di kelas 3 SMA meneruskan klub musik ringan yang ditinggalkan oleh seniornya. Azusa kemudian menjabat sebagai ketua klub, bersama Ui Hirasawa (adik perempuan Yui) sebagai gitaris dan Jun Suzuki (bass). Mereka merekrut dua orang siswa tahun pertama, yaitu Saitou Sumire sebagai pemain drum dan Nao Okuda.

Pengarang Kakifly
Penerbit Houbunsha
Penerbit Inggris NA Yen Press
Demografi Seinen
Majalah Manga Time Kirara Manga Time Kirara Carat
Majalah bahasa Inggris US Yen Plus
Tanggal terbit Mei 2007 – Agustus 2012
Volume 6