Studio Penghasil Anime Legendaris

Studio Penghasil Anime Legendaris

Studio Penghasil Anime Legendaris – Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah artikel yang kami rangkum dari sumber terpercaya, berikut ini beberapa artikel yang membahas mengenai studio penghasil film anime terbaik dan legendaris.

Apa kalian suka menonton anime? Tontonan yang satu ini memang sangat menarik karena jalan cerita yang sangat beragam dan tak biasa, ditambah visual animasi yang sangat memukau.

Kamu bisa menonton berbagai anime yang keren tentu salah satunya berkat konstribusi studio-studio anime. Kebanyakan studio telah menghasilkan anime sejak lama hingga mampu menghasilkan tontonan yang seiring waktu semakin berkualitas.

Beberapa studio tersebut pun sudah tidak asing lagi di telinga pecinta anime seperti Studio Ghibli dan A-1 Pictures. Namun, ada juga beberapa studio yang mungkin namanya masih asing bagi kamu namun juga menghasilkan tontonan yang tak kalah menarik dan berkualitas.

Berikut ini adalah sepuluh studio terbaik yang sudah sering menghasilkan anime berkualitas yang legendaris.

1. A-1 Pictures

Studio pertama yang masuk ke dalam daftar ini adalah A-1 Pictures. Studio ini berdiri pada tahun 2005 di Jepang. Pada awal berdiri, anime yang diproduksi A-1 Pictures lebih berfokus pada anime yang sederhana dan bertemakan keluarga. Namun seiring waktu, genre film mereka pun semakin luas. Mereka tak lagi ragu untuk menyentuh genre fantasy dan action yang terkenal sulit.

Walaupun masih tergolong baru karena belum berjalan lebih dari dua dekade, sudah banyak anime berkualitas yang dihasilkan studio yang satu ini. Anime-anime mereka pun banyak digemari para penggemar anime seperti Fairy Tail (2010), Ao no Exorcist (2011), dan Sword Art Online (2012).

2. Kyoto Animation

Jika membicarakan studio anime terbaik, Kyoto Animation pasti termasuk di dalamnya. Studio yang satu ini terkenal akan visual animasi yang sangat memukau. Anime-anime mereka didominasi oleh anime bergenre komedi, romansa, dan drama yang kadang dipadukan dengan genre fantasy dan sci-fi.

Beberapa anime mereka sangatlah legendaris. Salah satunya adalah A Silent Voice (2016) yang berhasil mencetak box office Jepang dan meraih rating 8.2 di situs IMDb. Hal ini menjadikan A Silent Voice masuk ke dalam jajaran anime tertinggi sepanjang masa. Tidak hanya itu, anime lainnya yang berjudul Violet Evergarden (2018) juga meraih popularitas luar biasa sejak awal masa penayangannya dan sekuelnya yang dirilis tahun ini Violet Evergarden the Movie meraih pendapatan melebihi 2 Miliar Yen.

Selain kedua anime tersebut, anime lainnya yang diproduksi studio ini adalah K-On! (2009), Hyouka (2012), dan Sound! Euphonium (2015).

3. Sunrise

Sunrise adalah salah satu studio animasi terbesar di Jepang yang berdiri sejak 1972. Saking besarnya, studio ini memiliki sub-divisi studio sendiri. Paling tidak terdapat 10 sub-divisi studio di bawah Sunrise.

Tidak seperti studio animasi lain yang kebanyakan menghasilkan animasi mainstream yang berfokus pada adaptasi manga, olahraga, ataupun anime bertema kekeluargaan.

Sunrise dikenal karena lebih berfokus pada anime robot yang jauh lebih sulit diproduksi seperti Cyborg 009 (1980)dan Code Geass (2006). Walaupun begitu, Sunrise masih memproduksi anime bergenre lain seperti Inuyasha (2000) dan Gintama (2006).

4. Bones Animation

Bones Animation Studio didirikan oleh tiga orang mantan pegawai Sunrise. Studio ini didirikan pada tahun 1998 di Jepang.

Uniknya, anime pertama yang dihasilkan studio ini adalah anime kolaborasi bersama Sunrise yang bertajuk Cowboy Bebob (1998). Dan hingga ini sudah ada banyak anime populer dan berkualitas yang sudah diproduksi seperti Fullmetal Alchemist (2003), Soul Eater (2004), My Hero Academia (2015), dan Noragami (2015).

5. Studio Ghibli

Studio Ghibli adalah salah satu studio anime paling populer di Jepang dan di dunia. Berbeda dengan studio lain, Ghibli hanya menghasilkan anime movie.

Walaupun sudah berdiri lebih dari dua dekade, tidak banyak film yang sudah diproduksi studio yang satu ini. Meskipun begitu, film-film Ghibli diakui sangat berkualitas dan diakui kehebatannya oleh kritikus dan penggemar.